• Tak Berkategori

Tips Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Selama Liburan

Liburan merupakan momen berharga yang sangat disayangkan jika dilewati dengan percuma, banyak orang yang berbondong-bondong menghabiskan waktu liburannya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Mulai dari pantai, gunung, kebun binatang, dan masih banyak lagi. Seseorang tersebut akan mengorbankan waktu dan finansialnya untuk bisa berlibur. Namun karna terlalu asyik menghabiskan waktu liburnya dengan liburan, seringkali seseorang tersebut tidak memperhatikan kesehatan tubuhnya, sehingga bisa saja waktu liburannya tersita karena sakit. Oleh maka itu perlu menjaga kondisi agar badan tetap fit selama liburan. Berikut ini adalah tips-tips untuk menjaga tubuh selama liburan :


1. Jangan memaksakan kondisi badan
Selama melakukan aktivitas liburan memang tidak terasa lelah dalam tubuh dikarenakan rasa senang yang lebih dominan. Namun pada dasarnya tubuh manusia juga memiliki daya kekuatan tubuh yang terbatas, jika aktivitas melebihi daya tahan tubuh maka tubuh akan terasa kelelahan dan berujung pada sakit.

2. Jaga pola makan
Pola makan memang menjadi hal penting untuk menjaga kondisi. Pola makan yang tertur akan membuat tubuh berfungsi dengan lancar, dan tentu meminimalkan resiko sakit. Karena tubuh tentu membutuhkan makanan untuk dijadikan tenaga.

3. Makan buah-buahan dan makanan bergizi
Berlibur tentu membutuhkan tenaga yang ekstra dibandingkan dengan aktivitas lainnya, oleh karena itu tubuh juga membutuhkan nutrisi yang lebih. Salahsatu nutrisi terdapat dalam buah-buahan.

4. Penuhi cairan dalam tubuh
Organ yang terdapat dalam tubuh manusia yang dominan adalah air, sehingga jika kekurangan air maka akan mempengaruhi pembuluh darah dan oksigen dalam tubuh. Memenuhi cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi air mineral minimal dua liter per hari. Air mineral dapat menstabilkan cairan dalam tubuh manusia.

5. Olahraga ringan
Meskipun liburan dapat menyita waktu yang banyak, namun jangan sampai menyita waktu untuk berolahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran dalam tubuh, karena olahraga dapat memperlancar peredaran darah.

6. Kelola fikiran
Tidak dipungkiri bahwa kesehatan jasmani dapat dipengaruhi oleh kesehatan rohani, jasmani akan mengalami sakit kita kondisi rohaninya juga sakit. Oleh karena itu menjaga kesehatan rohani juga sangatlah penting. Menjaga kesehatan rohani bisa dengan mengelola fikiran agar tetap tenang dan berfikiran positif.

Demikian beberapa tips agar menjaga tubuh tetap fit saat liburan, tentu tidak hanya
mempersiapkan finansial dsn waktu, tapi juga perlu membutuhkan kesiapan menjaga
badan agar momen liburan dapat berjalan dengan lancar.

Penulis : Rachma Wibowo

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.