Detik-detik Momen Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram, Tradisi Tahunan Sebelum Idul Adha

Halo sobat seciko, Berita hari ini Minggu 25 Juli 2021, ada kabar viral yang banyak mencuri perhatian masyarakat. Berita tersebut Seciko beri judul Detik-detik Momen Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram, Tradisi Tahunan Sebelum Idul Adha. Informasi yang kami rangkum disini berasal dari kanal youtube Tribunnews. Sobat bisa menonton berita terbaru ini melalui video yang kami cantumkan di bawah ini.

Detik-detik Momen Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram, Tradisi Tahunan Sebelum Idul Adha

Kalo kamu ingin menonton berita ini berulang kali, kami sarankan untuk mengunduh Video Detik-detik Momen Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram, Tradisi Tahunan Sebelum Idul Adha melalui Link Download yang sudah Kami sediakan.

Berikut Detik-detik Momen Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram, Tradisi Tahunan Sebelum Idul Adha yang berhasil seciko rangkum:

Video Detik-detik Momen Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram, Tradisi Tahunan Sebelum Idul Adha 2021

Detail Video

Judul VideoDetik-detik Momen Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram, Tradisi Tahunan Sebelum Idul Adha
Dimensi Video2d
Nama ChannelTribunnews
AuthorTribunnews
URL Videohttps://www.youtube.com/watch?v=HD_l13TRqlY
Definisi Videohd
Isi Artikel
TRIBUN-VIDEO.COM – Kain Kiswah atau Penutup Ka’bah di Masjidil Haram mulai dilakukan pergantian jelang pelaksanaan puncak ibadah haji 9 Dzulhijah 1442 Hijriah yang bertepatan dengan 19 Juli 2021.

Ini merupakan tradisi tahunan jelang pelaksanaan wukuf di Arafah.

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah dilakukan penggantian kain kiswah Ka’bah di Masjidil Haram pada Senin (19/7/2021).

Dikutip dari RRI.co.id, Imam dan Khatib Masjidil Haram Sudais Shuraim mengunggah video detik-detik penggantian kiswah Kabah di Masjidil Haram lewat akun Instagramnya.

“Replacing the covering of the Kaaba Today 2021 (Mengganti Penutup Kabah Hari Ini 2021),” tulis Sudais Shuraim di akun Instagramnya yang dilihat RRI.co.id, Senin (19/7/2021).

Unggahan Sudais itu mendapat respons dari warganet dunia.

“MashaAllah,” kata @hadija44.

“Labbaik Allahumma Labbaik,” timpal @rizq.mubarok.

“Allahuakbar…Allahuakbar…Allahuakbar,” sebut @amirasyraframli.

Sementara, dari foto-foto yang dirilis Reasahalharamain, lembaga resmi yang mengurusi dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi), kain Kiswah Ka’bah yang beratnya mencapai 1.150 kilogram itu dibawa dari tempat khusus di Kompleks Malik Abdul Aziz untuk pembuatan Kiswah Kabah Suci dengan menggunakan truk.

Butuh puluhan orang untuk mengangkat kiswah dari truk ke pelataran Kabah dengan pengawalan aparat keamanan.

Untuk menaikkan kiswah hingga menutupi setiap sudut Ka’bah, menggunakan crane khusus yang memang disiapkan untuk pemeliharaan Ka’bah.

Pergantian Kiswah diawali dengan menaikkan kain Kiswah baru di setiap sudutnya dengan tali, lalu secara perlahan kain Kiswah yang lama mulai diturunkan.

Agar setiap sudutnya tertutup rapi, para petugas dengan terampil menutup setiap sudutnya dengan ikatan dan menjahit beberapa bagiannya agar tampak rapi.

Dikutip dari Kompas.com, Kiswahh dianggap sebagai simbol penghormatan dan ketuhanan pada Bayt Al-Haram, sebutan lain untuk Kabah yang berarti “Rumah Suci.

”Semuanya adalah bagian dari ekspresi kedekatan dengan Tuhan. Terakhir pada Juli 2020, Gubernur Mekkah Pangeran Khalid Al-Faisal menyerahkan Kabah Kiswah (kain hitam) kepada pengurus senior Kabah, Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi atas nama Raja Salman.

Kiswah akan diganti pada hari kesembilan di bulan Dul Hijjah, mengikuti tradisi Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Dilaporkan bahwa setelah pembebasan Mekkah pada tahun kesembilan Hijriah, Nabi menutupi Kabah dengan kain dari Yaman, ketika menunaikan ibadah haji.

Kiswah diganti setahun sekali selama haji, setelah jemaah pergi ke Gunung Arafah. Ini juga sebagai persiapan untuk menerima jemaah keesokan harinya, yang bertepatan dengan Idul Adha.(Tribun-video.com)

Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul “Detik-detik Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram”, Klik untuk baca: m
Link Download Video : DOWNLOAD VIDEO

Source : Youtube

Demikian berita tentang Detik-detik Momen Penggantian Kiswah Kabah Masjidil Haram, Tradisi Tahunan Sebelum Idul Adha, Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.