• Tak Berkategori

Cara Mudah Meningkatkan Traffic Blog Secara Alami

Hallo Sobat Tutorial. Kali ini mimin mau berbagi tips lagi yaitu;
Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Alami. Traffic atau yang disebut lalu lintas. Disini saya akan membahas bagaimana cara untuk meningkatkan traffic blog Secara alami. Semua blogger pasti mengharapkan trafik yang tinggi untuk blognya,terutama bagi blog barunya. Beragam cara dilakukan, mulai dari cara gratis sampai cara yang membutuhkan pengeluaran ekstra sperti spam supaya target visitornya sesuai yang diharapkan.
Source : www.google.com

Sebagai seorang manusia yang tidak pernah puas begitu saja, meskipun jumlah kunjungan telah melebihi apa yang kita inginkan namun dalam hati masih berharap lebih dari itu. Salah satu alasannya bisa berupa keinginan untuk memperoleh penghasilan lebih dari program advertiser ( terutama Cost per Impression ) yang kita ikuti.
Kita perlu menyadari pula bahwa trafik yang kita peroleh setiap harinya tidak selalu sama, kadang mengalami penurunan jumlah visitor yang sangat signifikan. Dari kejadian ini dapat dipastikan kita pemilik blog pasti akan membuat planning yang sama dari dua situasi di atas yaitu bagaimana caranya supaya trafik blog bisa meningkat lagi.
Intinya baik blog baru maupun lama, dan dalam keadaan apapun entah trafik yang diperoleh sudah bagus maupun masih kurang kita akan selalu berupaya untuk memperoleh trafik blog yang lebih baik dari hari – hari sebelumnya. Karena blog tercipta memang untuk dibagi dengan yang lainnya, semakin banyak pembacanya maka kepuasan itu akan semakin besar pula..
Karena segala hal yang berkaitan tentang cara memperoleh dan meningkatkan trafik blog tidak akan pernah berhenti dari jaman ke jaman.
Tetapi  menurut saya  jika anda pemula, akan lebih baik dari awal menambah dulu banyak teman dan rekan di blogger, supaya kedepannya nanti akan lebih mudah bagi anda untuk bisa berdiskusi dengan mereka. Kita bisa meminta pendapat rekan yang lain mengenai bagaimana cara meningkatkan traffic blog, membangun bisnis di dalamnya, ataupun berdialog tentang bagaimana cara mengoptimalisasi blog. Buat saya, internet dan lingkungan dimanapun saya berada, itu adalah Universitas terbuka, dimana saya bisa belajar apapun dari siapa saja.
Yang  harus diingat adalah, yang mendatangkan uang itu bukan blog! Tetapi orang yang berkunjung ke blog anda. Nah, jika anda memiliki banyak rekan blogger dan tetap bisa menjaga loyalitas dengan mereka, itu tentu akan sangat baik sekali untuk kebersamaan membangun meningkatkan traffic blog, berdiskusi, dsb. Cara tersebut lebih alami dan akan menjadi persahabatan yang bisa dijadikan rekan untuk kerjasama,  dan itu bisa lebih bertahan lama tentunya.
Dalam istilah para bloger kids jaman now traffic blog itu terbagi menjadi 2 yaitu Organik & Non Organik

Traffic Organik
Trafik organik adalah jumlah pengunjung yang datang ke sebuah website melalui mesin pencarian baik itu google, yahoo, yandex, dan lain-lain. Dikatakan organik karena orang secara kesadaran diri masuk ke halaman web kita melalui kata kunci yang mereka cari dari kolom pencarian. Semakin banyak trafik dari google maka semakin besar pula blog Kamu masuk di halaman satu google. Sehingga bisa dikatakan blog dengan trafik organik tinggi mempunyai kualitas SEO yang baik.
Traffic Non Organik
Berbanding terbalik dengan di atas, traffic non organic bukan berasal dari mesin telusur. Lalu lintas ini di dapat karena blog Kita di share ke media sosial seperti facebook, twitter, maupun google plus. Sehingga pengunjung datang ke blog Kita karena adanya link web yang di share. Biasanya para blogger pemula menggunakan trik seperti tukar blogwalking dan komen di blog orang lain.
Bagaimana dengan menuliskan langsung url blog yang otomatis langsung tertuju pada blog kita?Apakah itu termasuk organik? Bukan
Visitor yang menuliskan langsung alamat blog kita dianggap pengunjung non organik karena mereka sengaja mengetik langsung url sehingga tertuju pada halaman suatu blog tanpa membidik kata kunci yang dicari.
Pengunjung dari search engine yang banyak, mengindikasikan bahwa semakin banyak keyword yang dibidik tepat sasaran. Oleh karena alasan itu para blogger lebih mementingkan cara agar pengunjung natural banyak. 
Lalu bagimana cara meningkatkan traffic blog secara alami:

1. Niche Blog
Banyak blogger pemula yang sering mengeluh karena trafik blognya tidak naik-naik atau tidak diterima oleh publisher misalnya Google Adsense. Salah satu penyebabnya karena blog yang dikelolanya menganut sistem gado-gado. Olehnya itu, alangkah baiknya membuat blog dengan tema yang tunggal atau niche.
Memang tidak selamanya blog niche itu berjaya, ada juga blog atau website yang gado-gado malah terkenal. Blog niche sebenarnya dibutuhkan saat awal-awal membangun image, sehingga kedepannya orang-orang atau bahkan mesin pencari sudah paham dan tahu kita bermain disatu kata kunci utama.
2. Mengoptimalkan Teknik SEO Modern
Salah satu tujuan dari optimasi SEO adalah untuk memperbanyak trafik ke blog kita. Maka dari itu SEO penting untuk dilakukan agar blog kita mampu bersaing di urutan teratas halaman google. Dengan kita menggunkan SEO, semakin besar peluang blog masuk pageone google sehingga banyak diklik oleh banyak orang. Untuk memaksimalkan optimasi, terdapat dua jenis SEO yaitu on page dan off page. Keduanya tidak boleh terpisahkan dan jangan memilih mengoptimalkan salah satunya saja.
Setelah Kamu melakukan optimasi, lihatlah dahulu apakah seo yang Kamu lakukan adalah seo modern atau kuno?
Sekarang ini tidak jamannya ngemis blogwalking ke sana- kemari dan spam komentar di blog yang hanya membuang waktumu saja. Kamu tinggal duduk manis melihat pengunjung berdatangan dengan sendirinya dengan menggunkan SEO Modern.
Faktor yang terpenting dalam SEO adalah konten itu sendiri. Jangan mengandalkan cara instant seperti menggunakan software. SEO yang modern adalah dengan membangun konten berkualitas yang dibutuhkan oleh orang banyak.
3. Membuat Konten Yang banyak Dicari
Mau kan blog mu dikunjungi banyak orang setiap hari? Apa sih yang membuat mereka mau mampir ke blog kita? Bahkan ada pengunjung loyal yang selalu menantikan artikel terbaru kita.
Kuncinya adalah membuat konten menarik yang viral. Viral di sini diartikan yang banyak dicari oleh banyak orang. Tetapi bukan dengan ikut-ikutan membuat artikel yang sama dengan blog lainnya. Tetapi membuat artikel original yang memberikan rasa ingin tahu seseorang dan belum ada di blog lain.
Untuk memudahkan keyword apa yang banyak dicari, maka kita gunakan bantuan google keyword planner atau google trend. Di situ Kamu bisa melihat kata kunci apa yang memiliki tingkat pencarian banyak.
Misalkan kita membidik keyword “Optimasi SEO”, padukan dengan kata turunannya seo on page dan off page, black hat dan white hat seo, dan banyak lagi.
4. Posting Artikel Secara Berkala
Jika niatnya memang mendapat trafik atau kunjungan secara alami dari mesin pencari, maka hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah postingan atau update berkala. Jangan malah posting sekali sebulan atau sekali setahun. Beberapa blogger pernah bertanya, berapa sih idelanya jumlah postingan sehingga disebut berkala.
Kalau Anda tidak sanggup memproduksi artikel satu dalam sehari, yah minimal satu dalam dua hari. Atau paling mentok-mentoknya, satu dalam satu pekan. Tapi alangkah baiknya, kalau artikel yang diproduksi bisa lebih dari satu dalam sehari. Ini akan menambah cepat penetrasi pencarian di mesin pencari. Ingat, banyak artikel sama dengan trafik besar.
5. Membuat Konten Untuk Jangka Panjang
Memilih niche blog memang menentukan langkah untuk kedepannya, terutama dalam membuat konten. Untuk mendapatkan banyak pengunjung secara terus menerus, buatlah artikel abadi. Maksudnya adalah artikel yang tidak kadaluarsa atau viral di musim tertentu saja. Pilihlah konten seperti tutorial atau tips semacamnya.
Jika Kamu membuat konten yang booming di waktu itu saja, misalkan mengenai batu akik, maka presentase pengunjung akan semakin menurun. Begitu juga dengan web bertemakan berita. Satu artikel berita akan stabil mendapatkan banyak visitor hanya 3-4 hari saja.
Berbeda dengan konten mengenai “tutorial mendapat trafik blog secara cepat”. Pasti akan selalu ada orang yang mencari mengenai judul artikel tersebut. Itulah yang menyebabkan trafik blog stabil meskipun jarang update.
5. Mendapatkan Traffic Dari Google Adword
Salah satu layanan google untuk membantu blog Kamu agar mendapatkan pemirsa yang lebih banyak adalah google adword. Salah satu keuntungan menggunakan google adword ialah blog Kamu akan muncul di halaman pertama google paling atas.
Berbeda dengan layanan iklan lain, visitor dari adword dianggap organik karena melalui pencarian google. Hal ini semakin besar peluang untuk menambah pengunjung dengan modal yang tidak begitu banyak.
Kamu juga bisa menargetkan daerah atau negara mana saja yang bisa melihat iklan blog mu. Biasanya layananan ini digunakan oleh perusahaan e-commerce dan situs besar untuk mempromosikan produknya. Tetapi tidak masalah jika blog pribadimu menggunakan adword karena semakin besar kemungkinan untuk di kunjungi.
7. Membangun Kepercayaan Pengunjung
Memang pada mulanya sangat sulit untuk langsung mendapatkan pengunjung yang banyak. Tetapi ada cara untuk menempuh tujuan itu. Ya, buatlah orang lain mempercayai dirimu ahli dalam bidang tersebut. Sehingga orang akan menilai dirimu dapat menjadi sebuah rujukan dalam mengatasi masalahnya. 
Misalnya, Kamu ahli mengenai SEO dan artikelmu banyak yang berada di halaman pertama google. Tunjukkan pada mereka bahwa Kamu memang berkompenten dalam isi blog mu. 
Maka dari itu, mereka akan mengunjungi blog mu sebagai referensi rujukan. Kamu juga bisa mensiasati dengan meminta cek keyword artikelmu di pencarian apakah ada pageone google atau tidak.
Jika mereka mencari kata kunci tersebut dan mengklik artikel blogmu yang ada di halaman satu, maka peluang visitor organik terbuka lebar.
Lakukanlah seperti itu dengan konsisten, maka akan menambah jumlah pengunjung organik, meskipun tidak seberapa tetapi tetap membantu. Lama kelamaan akan semakin banyak orang yang mempercayaimu dan merujuk blog mu sebagai bahan referensi mereka.
Untuk meningkatkan pengunjung yang benar-benar murni dari google memang harus mempunyai trik tersendiri. Mungkin setiap orang berbeda-beda agar visitor blognya naik berlipat-lipat.
Jadi kuncinya kita harus tetap tekun, sabar dan bersemangat. Tetapi jika bicaranya sudah soal menyelesaikan setiap kesulitan itu mudah hanya dengan uang, itu persoalannya sudah bukan bahasan saya lagi di sini. Sebab saya lebih menyarankan tentang bagaimana membangun sebuah blog dengan kreatifitas, kemauan, dan kerja keras. Membutuhkan waktu itu jelas. Tetapi nantinya kita akan memiliki banyak pengalaman, ilmu, serta wawasan, dan itu akan sangat berarti dan berguna selama hidup kita. Bukan hanya sekedar uang. Itulah tips saya kali ini, semoga bermanfaat. Salam blogger.

Keyword:cara menambah visitor pada blog, cara memperbanyak pengunjung blog dengan software, cara memperbanyak viewers blog, cara otomatis meningkatkan trafik blog, aplikasi seo untuk meningkatkan traffic pengunjung web, cara menaikan rating web di google, cara meningkatkan jumlah pengunjung blog, aplikasi meningkatkan traffic blog

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.