Cara Mengatasi Adsense Tidak Bisa Tambahkan Metode Pembayaran

Tambahkan Metode Pembayaran Adsense Hilang

Sebelum artikel ini ditulis, ada satu kejadian yang membuat saya cukup panik dimana Akun Adsense utama saya yang dipakai untuk memonetisasi situs ini tidak bisa mengelola dan menambahkan metode pembayaran. Awalnya saya ingin menambahkan metode pembayaran yang baru pada akun adsense saya, namun saya tidak melihat adanya tombol “Tambahkan metode pembayaran” pada menu Pembayaran.

Karena penasaran, saya iseng menghapus metode pembayaran yang sudah ada, karena saya kira mungkin ketika dihapus, tombol tambahkan metode pembayaran akan muncul. Namun bukannya muncul, menu kelola metode pembayaran yang tadinya muncul justru tiba-tiba hilang dari menu pembayaran. Sehingga jangankan menambahkan metode pembayaran, menu kelola pembayarannya saja hilang hihi. Disitu saya panik karena kebingungan takut penghasilan saya bulan ini tidak bisa cair di bulan depan.

Oh ya, kurang lebih begini tampilan ketika menu Kelola Metode Pembayaran hilang.

Tombol Kelola Pembayaran Hilang
Tombol Kelola Pembayaran Hilang

Saya pun akhirnya mencari tahu penyebabnya di mbah google. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah kasus yang sama pada thread yang ada di komunitas google adsense. Bukannya tenang, melihat thread tersebut, ada banyak sekali pengguna yang berasal dari luar Indonesia mengalami hal yang sama. Bahkan ada yang bilang bahwa kasus ini belum ada solusinya.

Baca threadnya disini : https://support.google.com/adsense/thread/104297336/i-cant-a-add-payment-method?hl=en

Berikut beberapa keluhan publisher lain tentang kasus ini.

Banyaknya kasus tersebut membuat saya semakin panik. Jika seandainya kasus ini benar-benar belum ada solusinya nanti gimana cairin uang dari adsensenya hihi. Sampai akhirnya saya menemukan salah satu video di youtube yang menjelaskan tentang kasus ini. Berikut videonya :