Cara Daftar Prakerja Gelombang 12, 13, 14, 15, 16, 17 dst.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 baru saja dilaksanakan. Kedepannya pendaftaran kartu prakerja akan diperpanjang hingga gelombang 13, 14, 15, 16, 17 dan seterusnya. Masyarakat yang belum diterima pada gelombang sebelumnya tetap bisa mendaftar kartu prakerja pada gelombang selanjutnya.

Seperti yang kita ketahui, Kartu prakerja ini memiliki banyak sekali manfaat bagi pemiliknya. Selain uang insentif sebesar Rp. 3.550.000 yang akan diberikan bertahap selama 4 bulan. Pengguna kartu prakerja juga dinilai dapat meningkatkan peluang kariernya, hal itu dikarenakan pengguna kartu prakerja akan mendapatkan pelatihan yang menawarkan sertifikasi keahlian. Dengan sertifikasi keahlian tersebut, diharpkan peluang mereka dalam dunia kerja akan lebih diprioritaskan oleh Perusahaan.

Cara daftar prakerja gelombang 12, 13, 14, 15, 16, 17

Jika Anda belum memiliki akun sama sekali, anda perlu membuat akun prakerja terlebih dahulu. Berikut caranya :

  1. Buka laman https://www.prakerja.go.id/ lalu klik “Buat Akun”.
  2. Isikan alamat e-mail, buat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, dan konfirmasi password (ketik ulang password). Jangan lupa centang pernyataan di bawahnya, kemudian klik “Buat Akun”.
  3. Setelah itu Anda akan menerima notifikasi via e-mail. Selanjutnya buka e-mail Anda dan lakukan verifikasi dengan klik tautan yang telah dikirimkan via e-mail.
  4. Pendaftaran berhasil. Selamat, Anda telah berhasil membuat akun Prakerja.

Bagi Anda yang sudah mempunyai akun Prakerja, hanya perlu klik “Login” di laman https://www.prakerja.go.id/. Setelah itu langkahnya sebagai berikut:

  1. Masukkan e-mail dan password akun yang sudah Anda daftarkan, lalu klik “Login”.
  2. Setelah itu Anda akan masuk ke dashboard akun Anda. Pertama-tama Anda perlu verifikasi KTP.
  3. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir Anda, lalu klik “Berikutnya”. Jika ada yang tidak tepat, Anda akan diminta mengisi lagi.
  4. Lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP. Di bagian ini data yang diisikan yaitu alamat e-mail, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti.
  5. Selain itu, di bagian kanan bawah ada tempat untuk upload KTP. Setelah selesai mengisi bagian ini, jangan lupa klik kotak di kiri bawah yang berbunyi, “Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya.” Lalu klik “Lanjutkan”.
  6. Setelah itu, verifikasi nomor ponsel. Pendaftar akan dikirimi SMS berisi kode OTP lewat nomor yang sudah didaftarkan. Setelah mengisi kode OTP, klik “Kirim”.
  7. Langkah selanjutnya adalah mengisi pernyataan pendaftar. Terdapat pertanyaan seperti “Apakah saat ini Anda menganggur?”. Isi semua sampai selesai, lalu klik “Oke”.

Selesai, sekarang Anda sudah resmi mendaftar kartu prakerja. Langkah selanjutnya yaitu dengan cara mengikuti Tes dan Kemampuan Dasar yang ada pada halaman utama Website Prakerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/25/160700465/pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-12-hingga-besok-26-februari-2021?page=all

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.